Sabtu, 28 Maret 2015

 3/28/2015 07:52:00 PM      ,    No comments

Happy Birthday, Mom

Perlahan aku membuka kedua mataku. Berat. Sangat berat. Kupaksakan sekuat tenaga hingga aku benar-benar bangun di pagi Selasa yang sedikit gerimis. Aku tertegun. Rasanya ada sesuatu yang aku lewatkan di penghujung bulan Maret ini. Entahlah, aku tidak terlalu ingat.
Ingin rasanya aku kembali memejamkan mata karena mendengar harmoni indah dari suara hujan yang jatuh di atap kosanku. Saat aku hendak memejamkan mata, terdengar sebuah lagu, nada panggilan masuk ke handphone milikku. Siapa yang menghubungi pagi-pagi begini? Kulihat layar handphone. Rupanya Ibu yang menghubungi. Aku tersenyum lalu menjawab panggilan itu sambil tetap dalam posisi tidur.
□□□

Yo, apa kabar para pembaca budiman yang rajin menabung dan mungkin baik hati? Cuaca lagi panas banget pas saya nulis ini tulisan. Kayaknya Matahari lagi bocor trus itu apinya dikirim ke Bumi. Kali ini saya mau ngebahas tentang sosok pahlawan super yang sangat berpengaruh di kehidupan saya: Ibu atau biasa saya panggil Mamah.
Tanggal 24 Maret 2015 pagi, mendadak ibu saya menelepon. Saya pikir ada apa karena mendadak pagi-pagi menghubungi.
“Kamu di mana, Nak?” tanya Ibu saya mengawali pembicaraan.
“Di kosan. Ada apa, Mah?” ucap saya bingung.
“Oh. Udah lupa, ya?”
“Lupa? Lupa apa?”
“Gitu, ya. Udah lupa ternyata.”
Oke, serius. Ini Ibu saya mendadak mendrama kayak cewek-cewek labil di sinetron.
“Nggak ngucapin selamat ulang tahun ke Mamah?”
Mampus, gw lupa, batin saya.
“Ooohhh, tenang. Aku gak lupa. Tadi mau ngucapin tapi udah ditelepon Mamah duluan,” jawab saya dengan nada tenang.
Oke, saya sebenarnya ingat Ibu saya ultah bulan Maret tapi saya lupa tanggal berapa. Yang pasti rasanya antara tanggal 20 – 29. rupanya tanggal 24. Tebakan saya tepat. Hahaha. Lalu, saya lupa ini ultah Ibu yang ke berapa dan saya gak nanya. Hahaha. .___.
Untuk merayakan HUT Ibu saya ini, saya dedikasikan tulisan ini buat Ibu saya. Di tulisan ini saya akan bercerita tentang Ibu saya dan sedikit curhat juga sih.

Ibu saya merupakan seorang Ibu rumah tangga biasa, suku aslinya Dayak dan masih memiliki darah Belanda dari kakek dan kakek buyutnya. Memiliki banyak saudara yang tersebar di kawasan Barito. Lahir di Buntok, Kalimantan Tengah dengan pendidikan terakhir adalah SMA jurusan IPS (gak bisa melanjutkan kuliah karena faktor ekonomi dan sudah menjadi yatim piatu sejak SD). Ayah saya sendiri jurusan Sosial Budaya (zaman Ayah saya belum ada IPA atau IPS) dan kuliahnya malah jurusan Ekonomi. Gak habis pikir kenapa saya malah masuk IPA dan masuk Matematika.
Nama Ibu saya Haiasie W. H. Dehen. Haiasie itu ejaan lama, dibaca: Hayashi. Yeps, nama Jepang. Sedangkan Dehen itu marga. Untuk W. H., saya lupa kepanjangannya apa karena itu nama kakek saya (ayah dari Ibu saya) pake bahasa asing. Kalau gak dari bahasa Jerman, ya Belanda. Rasanya William Hendrick/Henry Dehen. Kalau gak salah sih. :v udah ah, ribet malah ngebahas nama kakek.
Dulu, setiap saya tanya Ibu saya awal ketemu Ayah kayak gimana, Ibu selalu bilang kalau Ayah saya yang ngejar-ngejar Ibu waktu Ayah saya udah lama tinggal di Kalimantan. Pas saya tanya Ayah, dia bilang kalau Ibu-lah yang ngasih kode dan suka dekat-dekat beliau. Gak tau mana yang benar. -_- keduanya gak mau ngalah kalau debat masa lalu.
Kalau berbicara mengenai kepribadian, Ibu saya ini menurut saya menuntut kesempurnaan banget. Ada yang kotor di rumah pasti langsung dibersihin. Kalau saya lagi berantakin barang-barang, Ibu pasti ngomel luar biasa. Ibu saya mudah banget naik darah kalau mood lagi jelek. Dulu waktu saya masih kecil, saya bandel banget keluyuran main-main dan gak mau kalau disuruh belajar. Ibu saya langsung ngomel luar biasa tapi gak bisa marah lebih dari itu karena kalau udah pembagian rapor semester, saya selalu masuk tiga besar.
Kadang kalau saya susah diatur, itu sapu yang harusnya buat menyapu malah dipake buat nyerang saya. Ya saya lari. Adegan kejar-kejaran bakal terjadi di rumah kecil keluarga kami. Ibu terlalu protektif sama saya karena saya anak tunggal (kakak saya meninggal waktu lahir) dan kadang saking protektifnya, saya susah berkembang dan jadi anak rumahan yang cuma hobi baca buku dan komik. Percaya gak percaya, waktu kelas 5 SD sampai kelas 1 SMP saya kuper banget. Cupu. Hidup lagi.
Di saat teman-teman saya sudah mengenal pacaran, putus, dan galau, saya masih berkutat dengan buku-buku pelajaran. Saya juga bisa ngerasa galau sih waktu itu. Galau kalau gak masuk tiga besar. Hahaha.
Untuk pendidikan, Ibu saya sudah berkorban banyak banget. Mulai dari bangun subuh buat nyiapin sarapan saya kalau mau ke sekolah, sampai mengingatkan belajar buat mata pelajaran esok. Nah, untuk yang terakhir ini kadang saya cuek dan langsung jawab ngasal:
“Ngapain belajar di rumah? Belajar itu di sekolah, udah bayar. Sampai enam jam pula.”
Alhasil, saya langsung diomelin habis-habisan.
Yang paling saya ingat kenangan masa kecil saya dengan Ibu adalah waktu saya baru naik ke kelas 2 SD. Setiap malam saat Ayah sedang tugas keluar kota, Ibu bakal nemanin saya tidur sambil menyuruh saya menghafal perkalian 1 – 10. begitu seterusnya selama satu bulan. Gak boleh tidur kalau belum hafal. Rasanya kejam banget. T_T tapi dampaknya bagus banget sih. Hahaha.
Kenangan dengan Ibu banyak terjadi sampai saya SMP. Pas SMA, saya udah ke kota lain. Waktu Ayah saya menyuruh saya buat melanjutkan sekolah di kota lain, awalnya Ibu saya sedikit keberatan karena gak mau berpisah dengan saya. Mau gimana lagi, Ayah saya melihat akreditasi SMA di kampung saya amat mengkhawatirkan waktu itu. Dengan tampang datar dan ngasal, saya langsung milih salah satu sekolah di Sampit tanpa melakukan survei sebelumnya.
Di Sampit, saya ikut dengan sepupu saya yang udah berkeluarga. Sepupu saya ini anak dari kakaknya Ibu saya. Selama bersekolah di sini, Ibu sering menghubungi lewat telepon dan kadang datang menjenguk. Kalau lagi ada libur, kadang saya yang pulang kampung naik motor sendirian. Padahal belum punya SIM. :v
Setiap menghadapi ujian semester, Ibu selalu menghubungi dan memberikan dukungan. Ibu juga gak pernah lupa tanggal ultah saya, padahal saya kadang lupa ultah saya kapan. Entah kenapa mengingat tanggal ultah Ibu itu susah. Lebih enak ngingat tanggal ultah Ayah karena kebetulan jadi password buat komputernya dulu, sih. Hahaha.
Jujur, saya orangnya gak terlalu bertindak berdasarkan perasaan tapi lebih bertindak berdasarkan logika. Jadi, gak salah kalau teman-teman dekat saya dulu selalu nusuk saya dengan kata-kata “kamu gak peka, Ris”. Makanya saya agak kaku sedikit dan gak bisa kayak orang-orang yang begitu bebas mengekspresikan rasa sayangnya ke Ibu lewat kata-kata langsung atau menulisnya di media sosial. Saya? Jarang. Bahkan bilang langsung aja hampir gak pernah. Bukan berarti saya gak sayang. Jauh di dalam hati saya, saya sangat menyayangi beliau dan selalu mengingat petuah yang Ibu berikan.
Pernah suatu ketika saat saya sudah hampir lulus SMA, saya memegang surat tanda diterima dari suatu Perguruan Tinggi di Bekasi dan surat Beasiswa dari Politeknik Perkapalan di Semarang/Surabaya. Saat membicarakannya dengan orang tua, Ibu saya tampak cemass. Takut berpisah dengan saya.
Saat berbicara empat mata dengan Ayah, dia memberi saran kalau mau kuliah jurusan Ekonomi, saya harus masuk di kampus tempatnya kuliah dulu, UNAI (Universitas Advent Indonesia) di Bandung. Tapi, kalau saya mau masuk jurusan lain, bebas memilih di mana. Oke, ini pertanyaan jebakan karena Ayah pasti udah tau kalau saya gak bakal kuliah di Ekonomi. Saya jurusan IPA, mana ngerti jurusan gituan.
Mengingat Ibu saya yang pasti bakal sedih kalau ditinggal jauh, saya memutuskan kuliah di kampus yang dekat aja. Toh, kesuksesan ditentukan oleh diri sendiri, bukan melulu tempat kuliah.
Setelah kuliah pun Ibu saya masih sering menghubungi dan kadang datang mengunjungi. Kalau udah datang, pertanyaan klasik selalu muncul. Pacar kamu siapa? Pacar kamu mana?
“Belum ada. Kalaupun udah ada, aku gak bakal bilang ke mamah juga,” jawab saya kalem. Lalu, Ibu saya langsung mengomel.
Mata Ibu saya itu jeli. Dia bisa menilai perempuan baik-baik itu kayak gimana. Gak bakal direstuin kalau Ibu saya lihat ada yang gak beres dari cewek yang saya dekati. Nasib. Biasanya tebakannya benar, sih. Mungkin karena saya anak tunggal, Ibu selalu memilihkan yang terbaik buat saya.
Ibu kadang selalu keras kalau ngasih pendapatnya dan susah menerima pemikiran saya yang berbeda dari orang kebanyakan. Saya kadang sampai harus berdebat agar Ibu bisa mengerti pola pikir saya dan menerimanya. Ibu saya selalu mengingatkan saya agar menjaga diri dan menjauhi pola pergaulan yang tidak baik.
So, Happy Birthday, Mom. Semoga selalu sehat dan panjang umur. Suatu saat saya bakal membahagiakan Ibu dengan cara saya sendiri.

24 Maret 2015

Anakmu

0 komentar:

Posting Komentar

...........................

Popular Posts

Recent Posts

Click to view my Personality Profile page

Unordered List

"Nilai gak penting, pengetahuan dan wawasan itu yang penting."

Categories

Text Widget

Me.....

Foto saya
Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Indonesia
Seorang mahasiswa Pendidikan Matematika yang berusaha untuk menyelamatkan umat manusia dari serangan alien hingga akhirnya sebuah meteor jatuh ke ladang gandum dan jadilah sebuah sereal seperti iklan di televisi.

Followers.....