Selasa, 14 Januari 2014

 1/14/2014 07:44:00 PM      ,    No comments

Catatan Akhir Tahun 2013

Kembali kupandangi dompetku. Hening sesaat. Aku mengguncang-guncang dompet itu berharap ada lembaran yang terjatuh. Nihil. Benar-benar kosong. Aku mengalihkan pandanganku ke kalender yang berada tepat di dekat meja belajarku. Aku tidak salah lihat, sekarang benar-benar akhir bulan November. Kau tahu apa artinya itu?
“INI ADALAH SAAT DI MANA KRISIS MONETER BAGI MAHASISWA TERJADI!!!” aku histeris. Sangat nyaring.
Oke, ralat. Itu artinya Desember akan tiba.
□□□


Hai... lama gak ketemu *senyum-senyum gaje*. Kali ini saya to the point aja tanpa memakai kalimat pembuka labil kayak biasanya.
Desember tiba. Saya memulai menulis artikel ini tepat jam 12.30 tanggal 1 Desember 2013. Well, entah kenapa jadi berminat aja menulis ini artikel mengingat tahun-tahun sebelumnya saya gak kepikiran sama sekali buat nulis yang kayak gini. Yah, hitung-hitung buat bahan update-an blog gitu.
Tahu apa artinya saat Desember tiba? Yaps, salah satunya adalah akhir tahun itu sendiri dan bersiap menyambut tahun yang baru.
Banyak yang terjadi di tahun 2013 ini yang mengubah kehidupan saya. Terutama angka 13 itu sendiri. Bad. So bad.. *LOL* dimulai dengan kemeriahan tahun baru 2013, awal harapan yang baru.
Persiapan UN untuk kelulusan (di mana jam tambahannya menyiksa banget), Try Out, promosi-promosi pihak Perguruan Tinggi untuk menarik minat mahasiswa baru, UAS, UN, SNMPTN, SBMPTN, dan lain-lain.
Semuanya berkesan. Lulus dari SMA Negeri 2 Sampit, berpisah dengan teman-teman akrab, berpisah dengan komunitas, dan berpisah dengan Kota Sampit.
Oke, mari tarik mundur dari bulan Januari terlebih dahulu. Banyak sih yang udah saya lupain di beberapa kegiatan sampai-sampai saya harus kembali mengecek file-file foto di memory card handphone milik saya untuk melihat apa yang terjadi.

Januari
Well, tahun baru 2013 aja udah disibukkan dengan urusan kepanitiaan. Oke, saya perlu kasih tau kalau pada tahun 2012 saya secara gak sengaja dan dipaksa ikut oleh dua rekan saya yang kurang tahu diri *peace* dari kelas sebelah supaya jadi panitia dalam lomba yang bakal dibuat oleh organisasi yang kami buat sebelumnya. Organisasi itu adalah SMANDA Science Center (di SMA Negeri 2 Sampit) dan saya menjabat sebagai sekretaris.
Lomba yang kami buat (lebih tepatnya, yang teman saya berdua buat) itu bertajuk Pekan Sains Go Green. Di mana ada lomba roket air, melukis, graffiti, dan membuat cerpen. Saya menjabat sekretaris sekaligus juri utama untuk seleksi tahap pertama lomba cerpen. Lomba itu terlaksana juga dengan cukup sukses di penghujung tahun 2012.
Sang Ketua (Marst) yang sibuk ngurusin piagam peserta
Nah, pas tahun baru terasa deh sibuknya ngurusin piagam dan pembagian piala buat itu peserta yang menang. Saya paling direpotkan buat mendesain itu piagam, guys *miris*. Untungnya ketua SMANDA Science Center (SSC) masih bisa diandalkan bersama rekan-rekannya.









Marst (Ketua. kanan), Kevin (Bendahara, tengah), Hendrik (kiri)
















Tarik ditarik
 Yang gak kalah menarik di Januari itu adalah “ritual” para siswa-siswi SMANDA buat menceburkan teman-temannya ke “kolam suci” yang ada di depan kantor utama sekolah. Ini masih terus berlanjut dan semoga tetap berlanjut #plak.
angkut diangkut

Ceburrrrr!!

Bantuin naikin lagi

Maksa banget..










































Trus ada acara “panen” ikan di “kolam suci” juga loh. Serius, itu benar-benar ada ikannya!
Ala nelayan broh

Banyak penontonnya

Kayaknya dapat deh

Dapat ikan euy























































Februari
Pemanasan senam
Bulan Februari sangat penuh diisi dengan latihan senam bareng teman-teman XII IPA 4 untuk menghadapi UAS PenJas. Iya, saya gak bohong. UAS-nya itu senam! Yang dinilai kekompakan dan gerakannya. Yups, satu bulan cuma latihan doang aja.






Gw lagi bengong dekat kolam
Beberapa anak kelas XII IPA 4 (kelas gw)






 



























Maret
UAS!! Trus ada masa-masa tenang gitu. Ya udah, saya pulang kampung deh. Kebetulan bulan maret ini juga saya Peneguhan Sidi setelah sebelumnya harus mengikuti kelas Katekisasi selama SATU TAHUN sepanjang 2012 (dari bulan Februari 2012 sampai November 2012).



Jam pelajaran kosong nih
Boring
Bengong di perpustakaan














 




























April
UN!! Gak perlu saya ceritakan secara detail tentang gimana rasanya UN. Semuanya pasti bisa membayangkannya sendiri. Setelah UN selesai, kelas XII IPA 4 memutuskan membuat acara syukuran di rumah salah satu teman kami. Ibarat kayak detik-detik menuju perpisahan *hiks*.
Setelah masa-masa UN berakhir, kamipun libur panjang sambil menunggu pengumuman. Yah, saya pulang kampung lagi deh.
Pas acara syukuran
Rame


Mei
Main pasir
Sebelumnya beberapa anak XII IPA 4 memutuskan untuk rekreasi ke Ujung Pandaran. Akhirnya benar-benar terlaksana juga pas tanggal lima. Meskipun cuma sedikit, kami tetap pergi rekreasi. Naik mobil pick up, coy. Antimainstream!
Sesampainya di lokasi, ya udah. Main-main gak jelas bareng air dan pasir aja dah. Foto-foto gaje, minum es kelapa, tidur-tiduran di atas tikar yang kami bawa, ngelihatin ombak, ngelihatin pasangan 4l4y peluk-pelukan, ngelihatin anak-anak SMP yang juga rekreasi kayak kami selepas UN, dan termenung di bawah pohon kelapa. Sorenya balik ke Sampit lagi deh.
 
Gaje ah


















Beberapa personil Salamender Band (Handi, Lukman, n Kevin)
Nah, yang gak bakal terlupakan itu adalah yang tanggal sebelas. Acara perpisahan SMA Negeri 2 Sampit. Ada penampilan dari Salamender Band (tulisannya emang gitu. Band dari kelas XII IPA 3 dengan satu personil dari adik kelas) yang menyanyikan lagu dari penyanyi favorit saya: Secondhand Serenade, yang berjudul Like a Knife. Sumpah, itu lagu keren banget.






Gw. Pas lagi acara salam-salaman
Gak perlu dijelasin, acara perpisahan udah pada tahu gimana alurnya, kan? Rame-ramean, datar, trus nangis-nangis pas salaman dengan guru.













Tanda tangan di spanduk
Setelah itu, tanggal 24 pun tiba. Hari yang dinanti-nantikan datang! Pengumuman kelulusan. Syukurlah, kelulusan kami 100%. Gak ada acara mainstream nyemprot baju pake cat, yang ada cuma tanda tangan di spanduk besar yang disediakan oleh pihak sekolah. Tetap aja ada yang tanda tangan di baju, sih. Termasuk saya. Bedanya, saya udah mempersiapkan baju yang akan saya pakai buat menampung tanda tangan.  






 
Baju buat dicoret-coret
Well
, saya memecahkan rekor sebagai siswa yang paling banyak mendapatkan tanda tangan teman-teman *rapikan dasi*.
Setelah itu kamipun bebas!! Libur panjang sebelum tes masuk kuliah! Saya gak akan bahas mengenai kejelasan saya dalam memasuki perguruan tinggi karena itu udah dibahas dalam judul artikel yang berbeda di blog ini







Bareng anggota SCC (Jepri, gw, Pak Achid, n Kevin)


Baju gw dikerubungin cewek-cewek nih














 














Juni
Ini saya udah berada di kampung, Parenggean. Awal-awal bulan Juni diawali dengan guyuran air dingin pas lagi nyuci baju di kamar mandi. Yang nyiram ternyata ibu saya karena pas tanggal dua saya ulang tahun yang ke 18. Saya juga menjalani masa-masa mencekam menghadapi SBMPTN yang bisa kalian nikmati di SINI (feel free to read, guys). Oh, ya. Jalan di depan rumah saya juga udah mau diperbaiki. Kayaknya bakal rame ada balap liar, nih.

Juli
Awal-awal bulan Juli cuma dihabiskan buat main-main aja dan sedikiiiiiiiit belajar buat persiapan SBMPTN. Kadang menggambar gaje supaya ini otak kanan tetap aktif.


Tanggal 20 ngambil ijazah ke Sampit trus nginap sehari di rumah teman (aka SBHcool). Esok paginya sama-sama ngelihatin matahari terbit dari dermaga, di pinggir sungai Mentaya. Sensasinya kereeen!!
Ehendra n Egi. Teman yang di Palangka Raya







Tanggal 26 saya ke Palangka Raya buat daftar ulang dan membaca pengumuman jadwal ospek di kampus. Gila, saya hampir kena serangan jantung pas ngebaca itu jadwal! Satu bulan kegiatan!!??? Selama di Palangka Raya, numpang di rumah teman, deh.






 


Jaket baru!!
  Yang paling berkesan adalah..... SAYA UPGRADE JAKET!! YEEEIII!!!














Agustus


Korban ospek
SATU BULAN CUMA BUAT OSPEK!! INI MEMBUAT GW GILA!!
Apa yang terjadi dalam bulan Agustus yang misterius ini akan saya bahas di artikel terpisah kalau ada waktu. Stay tune









Unyu!!!


Yang pasti, di bulan ini anak-anak anjing saya semakin bertambah unyu!

 











September
Bengong ngelihat Jembatan Kahayan
Udah mulai kuliah! Jadi mahasiswa baru!! Jalan-jalan keliling kota!!! Tinggal sendiri di kontrakan!!!! Ikut acara keakraban prodi (berkemah) yang akan saya bahas di artikel terpisah nantinya.











Oktober
Ada Kevin lagi. Bosan ngelihat mukanya
Kedatangan teman-teman lama dari masa SMA yang kebetulan mengisi acara ultah SMA Negeri 4 Palangka Raya (SMANFOUR Paray). Kebetulan itu sekolah cuma 100 meter dari kontrakan saya. Saya mampir deh ikutan acaranya mereka.










 
Thomas n Pujo. Pas lagi makul PDM.
Masa-masa membosankan pas mata kuliah Pengantar Dasar Matematika (PDM). Kebanyakan mahasiswanya malah gak serius. Termasuk saya. *LOL*
Menghadapi praktikum fisika yang enak banget. Oke, praktikumnya gampang tapi laporannya bikin sinting. Tiap malming, waktu habis cuma buat nulis laporan praktikum doang! Sampai harus punya banyak referensi.






November
Gw pas lagi di depan Lab Fisika
Biasa. Hari-hari dipenuhi dengan ngerjakan laporan praktikum fisika dan akhir bulannya ditutup dengan berakhirnya praktikum fisika. Yess!!!
Yups, masa-masa membosankan pas mata kuliah PDM kembali terulang. Kamipun terus-terusan iseng pas mata kuliah yang ini.








Pada nonton film horor
Dekat akhir bulan ada tugas kelompok bikin makalah Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) yang kebanyakan diisi dengan nonton film horor oleh para cewek-cewek di kelompok saya.












Desember
Gw waktu jadi anggota "Pasukan Penyelamat"
 

Suasana sebelum keberangkatan
Awal bulan ini langsung diawali dengan pawai natal se-kota Palangka Raya. Saya dapat tugas jadi “pasukan penyelamat” dengan membawa beberapa buah air mineral dalam kemasan gelas. Berat woi!! Itu pawainya keliling dari stadion trus lewat bundaran besar trus balik lagi ke stadion. 















Kelompok narsis







Yang bikin rame di pawai ini adalah gara-gara kelompok di belakang kami narsis banget. Pokoknya bikin ngakak sepanjang perjalanan.













Bengong di taman
Ada juga kejadian teman saya dari program studi Kimia (Marst, mantan ketua SSC) mendadak mengajak jalan-jalan ke taman. Lumayan, numpang narsis sejenak.











Trus di perempatan bulan, ada acara natal program studi Matematika di rumah salah satu dosen sambil diiringi alunan merdu rintik hujan. Basah basah, becek becek.
Berfoto ria pas makul Kepramukaan
Menjelang pertengahan bulan, mata kuliah Kepramukaan mengadakan latihan membangun kemah buat persiapan berkemah awal tahun nanti (yang mana akhirnya batal juga sih). Rame banget, saya banyak mainnya aja ketimbang ikutan bantuin.









Habis itu ada acara natal gabungan lagi di Aula Palangka yang diikuti oleh mahasiswa-mahasiswi Universitas Palangka Raya.
Bengong sambil hujan di sini bareng Marst
Besoknya, kembali jalan-jalan lagi sambil bengong makan kacang hijau. Terserang hujan deras, saya harus ikhlas menggembel di warung ronde sampai jam sebelas malam.











Nah, di bulan ini juga berhembus kabar bahwa jembatan Bajarum, jembatan yang berada di Kota Besi, dekat dengan Sampit, dikabarkan nyaris runtuh akibat ditabrak tongkang. Ini jembatan penting banget karena menghubungkan dua kabupaten yang termasuk besar di Kalimantan Tengah dan kadang digunakan untuk jalu lalu-lintas antarprovinsi.
Masih subuh. Lagi istirahat di jalan
Ketimbang mikirin jembatan, akhirnya tiba juga waktunya buat pulang kampung. Saya pulang kampung bareng dengan dua teman saya, salah satunya anak prodi Kimia itu (Marst). Gila, berangkatnya jam tiga malam menjelang subuh. Sumpah, mau mati menggigil di jalan. Mana itu dua orang kencang banget bawa motor.
Kabar baik pas udah sampai Parenggean. Sebagian besar jalanan udah diaspal.
Selama di Parenggean, banyak kegiatan gaje yang saya lakukan sehingga kurang layak tampil di sini. #plak



 Mendadak muncul ide labil, saya memutuskan buat tahun baruan di Sampit sekalian pengen lihat keadaan itu jembatan kayak gimana nasibnya. Banyak kabar burung yang beredar, entah burung punya siapa, yang bilang jembatan udah gak bisa dilewati lagi, ada yang bilang masih bisa, ada juga yang bilang udah tenggelam. Konon, kapal penyebrangan udah didatangkan dengan ongkos pemakaian yang mengerikan. Sampit, I'm coming!
Jembatannya. Blur karena difoto sambil lewat
Rupanya jembatannya cuma mengalami cidera ringan di bagian tiang tengah. Tiangnya patah. Jadi, mobil harus memakai kapal buat nyebrang, sedangkan motor masih boleh aja nyebrang.












Bundaran di Kota Besi. Nanas super euy
Banyak perubahan di Sampit. Ada nanas di Kota Besi, bundaran yang jumlahnya gak ketolongan makin banyak di Sampit, dan ada gerbang narsis di depan stadion!! Senarsis bupatinya juga!!











Selama di Sampit, saya numpang di rumah dua teman saya secara bergantian. Banyak kegiatan aneh yang kami lakukan sampai akhir bulan. Yang paling rame pas numpang tinggal di rumah SBHcool. Gila, laptop itu anak rupanya udah hancur berkeping-keping. Batal dah minta anime. Rupanya atas modus itu, dia jadi kerja di mall yang baru aja dibuka di Sampit buat beli laptop baru + pen tablet. Kerja di Hypermart.
Habis belanja di Hypermart. Narsis dekat toilet dulu
Yups, di Sampit ada mall baru dengan nama Borneo City Mall. Udah jadi setengah dan diisi langsung oleh gerai Hypermart yang ke seratus. Nah, pas hari pertama pembukaan, saya bawa teman saya buat jalan-jalan sekalian belanja buat tahun baruan (saat itu udah tanggal 31) sekalian pengen lihat kerjaan si SBHcool, NEETer sekaligus anti-sosial, dalam menghadapi pelanggan. Sumpah, ngakak pas ngelihatnya.






Akhirnya pas udah malam, saya diajak jalan-jalan sama SBHcool ke rumah salah satu temannya. Lumayan, dapat bonus kehujanan. Masih cemungudh rupanya mereka dengan niat pengen ikut pawai tahun baru walau hujan menerpa gitu. Saya dan SBHcool memilih pulang ke rumahnya dan bengong di meja makan sambil menyantap hidangan. Tahun baruannya sambil makan di meja! Di luar gerimis, lengkap dengan suara petasan kembang api kayak lagi perang. Pas udah lewat jam 12, SMS pun rame masuk ke Handphone, ucapan tahun baruan semua.
1 Januari 2014, pukul 01.00, saya dan SBHcool bengong nonton anime di laptop.

Dadah 2013, Selamat datang 2014!





0 komentar:

Posting Komentar

...........................

Popular Posts

Recent Posts

Click to view my Personality Profile page

Unordered List

"Nilai gak penting, pengetahuan dan wawasan itu yang penting."

Categories

Text Widget

Me.....

Foto saya
Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Indonesia
Seorang mahasiswa Pendidikan Matematika yang berusaha untuk menyelamatkan umat manusia dari serangan alien hingga akhirnya sebuah meteor jatuh ke ladang gandum dan jadilah sebuah sereal seperti iklan di televisi.

Followers.....